Senin, 20 Februari 2012

Fanatisme Remaja Indonesia terhadap Budaya Barat

Negeri indonesia ini banyak sekali budaya yang bagus dan indah untuk kita, generasi muda lestarikan ataupun kita jaga. indonesia yang mempunyai banyak ragam budaya dari berbagai suku yang berbeda disetiap daerah di seluruh nusantara. seharusnya kita sebagai generasi muda harapan bangsa, kita harus bisa melestarikan dan menjaga budaya asli rakyat indonesia. bukan budaya negara lain yang kita kebumikan di negara kita. berbagai budaya asing telah merajalela di kalangan remaja indonesia, khusunya melalui media informasi yang semakin hari semakin berkembang. mereka rela mengeluarkan banyak uang demi budaya orang lain, padahal budaya kita yang sangat mudah kita dapatkan dari lingkungan sekitar dan tanpa biaya yang mahal seakan tidak terjamah oleh kaum remaja  indonesia.

    Untuk itu perlu dikaji lebih lanjut tentang permasalahan remaja dalam hal budaya, karena sudah banyak remaja sekarang yang tidak mengerti budaya sendiri. apa karena budaya indonesia semakin hilang? akan tetapi hal itu terbantahkan oleh masih banyaknya budaya indonesia yang masih dilestarikan oleh para pendahulu kita, akan tetapi masih sedikit dukungan dari remajanya. sehingga keeksistansi dari budaya sendiri seakan luntur di makan zaman globalisasi, masih banyak remaja yang termakan oleh media informasi.

   Remaja indonesia, semakin menunjukkan antusiasme terhadap budaya asing. mereka berlomba-lomba mengikuti trend budaya orang lain yang  memacu globalisasi budaya. budaya indonesia asli yang terkena imbasnya, semakin tidak diminati oleh kaum remaja. padahal budaya indonsia banyak sekali filosofi yang bisa kita ambil sebagai pembelajaran kita. semua budaya indonesia yang diciptakan oleh para pendahulu kita mengandung arti kehidupan yang sangat kental dan pembelajaran yang baik dalam kehidupan.

   Untuk remaja indonesia yang belum mengerti tentang budaya indonesia bisa menggalinya di arsip daerah ataupun pelakunya langsung. budaya asing seperti valentin day, k-pop, dan trend-trend pakaian semakin booming dikalangan remaja sekarang. boy dan girl band yang menjadi salah satu ciri khas musik korea atau yang lebih sering disebut k-pop. ini yang menjadi pemicu kefanatisme remaja indonesia. tak sedikit trend-trend ini dapat kita lihat, tidakhanya di kota di desa-desa pun kita bisa melihat kefanatisme remaja indonesia.

   Loyalitas remaja indonesia tentang budaya k-pop dapat dilihat dari penggunaan internet. karena internet salah satu akses mereka untuk mengetahui perkembangannya, mengingat masih sedikitnya stasiun televisi yang menyajikan tentang Korea. Lalu banyak diantara mereka yang menyisihkan uang jajan mereka hanya untuk membeli sekotak album original Idol yang mereka senangi meski harus merogoh kantong sedikit dalam, sehingga hal ini dimanfaatkan oleh banyak orang dengan membuka Online shop (toko yang berbasis internet) untuk mempermudah remaja Indonesia membelinya. Terkadang tak hanya album tapi juga pernak – pernik seperti kaos, gelang, kalung, gantungan handphone dan lainnya. Yang paling mengejutkan ketika mereka membeli sebuah photobook (buku dengan kumpulan foto) dengan harga yang tak murah, harganya ada yang mencapai 700 ribu dan tak sedikit yang beli.

   Fanatisme remaja Indonesia akan K-Pop, K-Drama, K-Movie dan lainnya bukan tanpa alasan. Budaya pop Korea yang disuguhkan memang sangat menarik. Strategi yang mereka pakai seharusnya mampu di contoh oleh para entertainer Indonesia bukan malah meniru atau menjiplaknya. Kembangkan kemampuan kita sebagai orang Indonesia. Rebut kembali perhatian remaja Indonesia yang telah direbut oleh mereka. Dan yang terpenting, olah kembali kebudayaan kita agar para remaja mau dan senang dengan kebudayaan yang Indonesia miliki.
   Ayo remaja indonesia kita boomingkan kembali budaya kita yang sudah dijajah oleh negara lain. jangan sampai kita dijajah untuk kedua kalinya. lestarikan budaya indonesia cintai budaya indonesia, sehingga kita bangga mempunyai banyak budaya yang kita punya. bukan malah melestarikan budaya yang tidak jelas arahnya dari negara lain. karena ini menjadi tanggungjawab kita bersama untuk menjaga dan melestarikan budaya indonesia dikalangan masyarakat umum dan remaja pada khususnya yang akan menjadi penerus bangsa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan anda berkomentar dan berekspresi.